GAMBARAN UMUM PELAKSANAAN PENDAFTARAN DI PUSKESMAS ANJIR PASAR LAMA

  • Robi'atul Adawiyah Sarjana Terapan Manajemen Informasi Kesehatan Politeknik Unggulan Kalimantan
Keywords: Pelayanan, Pendaftaran, Puskemsas

Abstract

Di Puskesmas Anjir Pasar Lama dijelaskan masih adanya hambatan di pendaftaran. Penyebab lamanya waktu tunggu pendaftaran pasien adalah kurangnya sumber daya manusia yang memahami rekam medis elektronik di bagian pendaftaran dan banyaknya pasien yang datang. Dalam pelaksanaan di bagian pendaftaran, pasien juga sering ketinggalan kartu hal ini juga mempengaruhi waktu pelayanan di bagian pendaftaran. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan sub variabel sebagai berikut: Man, Methods, Material. Hasil dari aspek man diketahui pelaksanaan pendaftaran pasien dilakukan oleh 2 orang petugas. Petugas di bagian pendaftaran masih belum sepenuhnya berlatar belakang rekam medis, Petugas sudah mendapatkan pelatihan E-puskesmas namun dalam pelaksanaan pelatihan tersebut tidak merata, petugas di bagian pendaftaran sudah bekerja sekitar 14 tahun dan petugas lainnya bekerja kurang dari 1 tahun, 2 orang petugas pendaftaran terpaut perbedaan umur yang cukup jauh yang dimana salah satu petugas berumur 22 tahun dan salah satu petugas berumur 49 tahun. Dari aspek Material sarana seperti komputer, wifi, pengeras suara dan softwear, Prasarana di ruang pendaftaran bersebelahan dengan ruang rujukan BPJS dan belum memiliki ruangan rekam medis tersendiri, ruangan rekam medis masih menyatu dengan tempat loket pendaftaran yang hanya dibatasi dengan sekatan dinding triplek. Dari Aspek Method tentang rekam medis elektronik masih belum dibuat karena masih dalam tahap baru pelasanakan. Dengan adanya kebijakan peraturan PERATURAN Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2022 perlu dikaji kembali atau perlu di revisi terkait SOP

References

Aprilyanti, S. (2017). Pengaruh usia dan masa kerja terhadap produktivitas kerja (Studi kasus: PT. Oasis Water International Cabang Palembang). Jurnal Sistem dan Manajemen Industri, 1(2), 68-72.
Arif Tarmansyah Iman, D. L. (2017). Manajemen Mutu Informasi Kesehatan I : Quality Assurance.
Basri,S.N.H. 2019. Tinjauan Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Mutu Pelayanan Rekam Medis di Pendaftaran Rumah Sakit Umum Anna Medika Madura. Madura: Anna Medika
Damanik, D. O., & Putra, D. H. (2024). Identifikasi Penggunaan Aplikasi E-Kohort Dengan Metode Pieces di Puskesmas Kecamatan Pasar Kemis, Kabupaten Tangerang. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 2290-2302.
Darwis, A. A. P., Yulia, N., & Widjaya, L. (2022). Tinjauan Pelaksanaan Pendaftaran Rawat Jalan di Puskesmas Ciputat Timur Tangerang Selatan. Journal of Innovation Research and Knowledge, 1(10), 1355-1362.
Faida, E. W., & Ali, A. (2021). Analisis Kesiapan Implementasi Rekam Medis Elektronik dengan Pendekatan DOQ-IT (Doctor’s Office Quality-Information Technology). Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia (JMIKI), 9(1), 67.rani
Fether, B., & Barsasella, D. (2015). Analisis Sistem Pendaftara N Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Kecamatan Duren Sawit Jakarta Timur 2014. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 3(1).
Handayuni, L. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Terhambatnya Proses Pendaftaran Pasien Berdasarkan E-Puskesmas. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 9(2), 129-129.
Khasanah, L., & Budiyanti, N. (2023). Kesiapan Penerapan Rekam Medis Elektronik di Puskesmas Wilayah Kota Cirebon Tahun 2021. Jurnal Informasi Kesehatan Indonesia, 9(2), 192-201.
Kurniawati, R. F., & Kusumawardhani, O. B. (2023, June). FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PETUGAS DALAM PELAYANAN WAKTU TUNGGU PASIEN DI RUMAH SAKIT. In Prosiding Seminar Informasi Kesehatan Nasional (pp. 125-136).
Menkes RI. 2019. Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 43 Tahun 2019 tentang Pusat Kesehatan Masyarakat. Menteri Kesehatan RI. Jakarta.
Mutaqin, Z., & Sumiati, M. (2019). Pelaksanaanstandar Operasional Prosedur Dalam Meningkatkan Pelayanan Rawat Jalan Pada Puskesmas Klangenan Kabupaten Cirebon. Cendekia Jaya, 1(1), 111-132.
Putra, R. P. A., Sismulyanto, S., Supinganto, A., Menap, M., Sastrawan, S., Suardi, S., ... & Halid, M. (2024). Hubungan Karakteristik Individu dengan Kinerja Petugas Rekam Medis di Puskesmas Wilayah Kota Mataram. J-REMI: Jurnal Rekam Medik dan Informasi Kesehatan, 5(3), 208-218.
Rohman, H., Saputra, R. D., & Sholihah, U. M. N. (2021). Penyesuaian Kegiatan Pelayanan Dan Pengelolaan Unit Kerja Rekam Medis Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Puskesmas. J-ABDI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(5), 897-904.
Samsuni, S. (2017). Manajemen sumber daya manusia. Al-Falah: Jurnal Ilmiah Keislaman dan Kemasyarakatan, 17(1), 113-124.
Shofiana, N. B., Arso, S. P., & Fatmasari, E. Y. (2019). Analisis Proses Pelayanan Pendaftaran Pasien Di Puskesmas Jatisrono I Kabupaten Wonogiri. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 7(1), 105-112.
Silalahi, R., & Sinaga, E. J. (2019). Perencanaan implementasi rekam medis elektronik dalam pengelolaan unit rekam medis klinik pratama romana. Jurnal Manajemen Informasi Kesehatan Indonesia, 7(1), 22-22.
Siswati, S., Ernawati, T., & Khairunnisa, M. (2024). Analisis Tantangan Kesiapan Implementasi Rekam Medis Elektronik di Puskesmas Kota Padang. Jurnal Kesehatan Vokasional, 9(1), 1-15.riza
Supriyati, K., & Kusumaningsih, I. (2023). Analisis Faktor Waktu Tunggu Pelayanan Rawat Jalan: Literature Review. Media Publikasi Promosi Kesehatan Indonesia (MPPKI), 6(12), 2371-2380.
Tiara, L. I., & Subinarto, S. (2019). Analisis Penyebab Tidak Digunakannya Sistem Informasi Manajemen Puskesmas (Simpus) dalam Penerimaan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Kalimas Kecamatan Randudongkal Kabupaten Pemalang. Jurnal Rekam Medis dan Informasi Kesehatan, 2(2), 65-74.
Yusanto, Y. (2020). Ragam pendekatan penelitian kualitatif. Journal of scientific communication (jsc), 1(1).
Published
2024-09-25
Section
Articles