GAMBARAN KEPUASAN PASIEN PADA MUTU PELAYANAN DI UNIT PENDAFTARAN RAWAT JALAN PUSKESMAS XYZ TRIWULAN I TAHUN 2024
Abstract
Kepuasan pasien mempengaruhi kesesuaian tingkat kepentingan atau harapan pelanggan sebelum mereka menerima jasa pelayanan dengan sesudah pelayanan yang mereka terima. Kualitas mutu pelayanan, antara lain tangibles ( tampilan ), reliability ( keandalan ), responsiveness ( daya tanggap ), assurance ( jaminan ), emphaty ( empati ). Pelayanan kesehatan yang diberikan petugas kepada pasien berpengaruh besar dalam pandangan pasien terhadap kepuasan pelayanan kesehatan. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan tingkat kepuasan pasien terhadap mutu pelayanan di unit pendaftaran rawat jalan. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan deskriptif, pedoman observasi, serta kuesioner merupakan alat bantu untuk pengumpulan data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas pasien merasa puas terhadap aspek tangibles sebanyak 82.8 %, aspek reliability sebanyak 82.2 %, aspek responsiveness sebanyak 82.95 %, aspek assurance sebanyak 83.15 %, dan aspek emphaty sebanyak 81.5 % menyatakan puas. Hasil ini menunjukkan bahwa Puskesmas XYZ mampu memberikan pelayanan yang memenuhi harapan pasien, meskipun masih terdapat hal yang memerlukan perbaikan untuk meningkatkan mutu pelayanan secara keseluruhan.
References
Ana Dewi Lukita Sari, Salsabila Faiza, Suryo Nugroho ( 2020 ) : Pengaruh Mutu Pelayanan Terhadap Kepuasan Pasien Pendaftaran Rawat Jalan Puskesmas Sayegan.
Anis Ansyori ( 2023 ) : Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Dimensi Mutu Pelayanan Tempat Pendaftaran., Jurnal Ilmiah Permas : Jurnal Ilmiah STIKES Kendal Volume 13 Nomor 2.
Asri Yuniarti ( 2021 ) : Analisis Waktu Tunggu Pendaftaran Terhadap Kepuasan Pasien Rawat Jalan Puskesmas Ibrahim Adjie.
Azyyati Ridha Alfian, Delvi Tika, Devid Leonard, Dewi Mardiawati ( 2020 ) : Gambaran Faktor – Faktor Yang Mempengaruhi Kepuasan Pasien TPPRJ Di Puskesmas Ulak.
Biyanda Eninurkhayatun, Antono Suryoputro, E. Y. F. ( 2017 ). Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Kualitas Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Duren Dan Puskesmas Bergas Kabupaten Semarang Tahun 2017. Jurnal Kesehatan Masyarakat ( e-Journal ), 5 (4), 33-42.
Cyntia Silsilia, & Tailaso ( 2018 ). Hubungan Mutu Pelayanan Kesehatan Dengan Kepuasan Pasien Di Puskesmas Bahu Kota Manado, 7, 1-10.
Erlindai. ( 2019 ). Tinjauan Kepuasan Pasien Pada Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan Di Upt Rumah Sakit Khusus Mata Medan Tahun 2019. Jurnal Ilmiah Perekam Dan Informasi Kesehatan Imelda ( JIPIKI ), 4 (1), 573 – 580.
Fitri Nur Fauziah, Santi Hanapiah, Syaikhul Wahab ( 2021 ) : Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Tempat Pelayanan Pendaftaran Di Puskesmas Sugih Mukti Ciwidey Bandung 2021. Jurnal Ilmiah Indonesia, Desember 2021 1 (12),1754 – 1761.
Guspianto, Maya Erni Lobat, Rizaliah Wardiah ( 2023 ) : Analisis Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan di Puskesmas Simpang IV Sipin Kota Jambi.
Handayani, S. ( 2016 ). Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Kesehatan Di Puskesmas Baturetno. Profesi ( Profesional Islam ) : Media Publikasi Penelitian, 1 4 (1), 42.
Irawati, A.D., Fannya, P., Indawati, L., & Rumana, N. A. ( 2022 ) : Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Petugas Pendaftaran Rawat Jalan Di Rumah Sakit Bhakti Kartini Tahun 2021. Jurnal Ilmiah Kedokteran Dan Kesehatan, 1 (1), 36 – 41.
Mukti, B. G. S. ( 2018 ). Tinjauan Kepuasan Pasien Terhadap Mutu Pelayanan Di Bagian Tempat Pendaftaran Pasien Puskesmas Gamping li Sleman Yogyakarta.
Nanda Setia Wiguna, Erik Gunawan ( 2022 ) : Analisa Tingkat Kepuasan Pasien Di Tempat Pendaftaran Rawat Jalan Rumah Sakit Umum Daerah Siti Aisyah Lubuklinggau. Jurnal Ilmiah Indonesia, Februari 2022, 2 ( 2 ), 275 – 280.
Rini Asnawati, Iskandar Simbala : Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Rawat Jalan Di Puskesmas Marisa Kabupaten Pohuwato.
Tia Ivany, Siswati, Laela Indawati, Dina Sonia ( 2023 ) : Tinjauan Kepuasan Pasien Di Bagian Pelayanan Pendaftaran Rawat Jalan RSUD Kembangan Jakarta Barat